Melupakan Seseorang

IMG_20130323_202848Sudah lama tidak membuka lagi untuk blog ini, sekitar 2 minggu lebih mungkin. Saat membuka tetap sama, judul “Tips Melupakan Seseorang” menjadi top post untuk pekan ini. Post tersebut telah ada di blog saya selama kurang lebih 4 tahun dan dari awal post selalu menjadi topik favorit yang dibaca pengunjung. Apakah memang banyak dari kita yang ingin melupakan seseorang? Apakah dengan melupakan seseorang semua masalah akan terselesaikan?

Sekali lagi saya sampaikan, judul “Tips Melupakan Seseorang” bukan berarti saya membenarkan jika melupakan seseorang merupakan salah satu pilihan tepat untuk menyelesaikan masalah. Berikut kutipan dari saya di tulisan tersebut.

Menurut saya sendiri,  sepertinya kurang tepat jika melupakan seseorang. Coba pikir baik-baik, apa sih yang membuat kita ingin melupakannya? Tentu karena suatu hal atau kejadian, sedangkan orangnya sendiri tidak perlu kita lupakan. Lagi pula jika kita memposisikan diri kita ada di posisinya, apakah tidak sakit hati jika kita dilupakan oleh seseorang? Tidak dianggap lagi oleh orang itu.

Sejauh ini memang sulit dan bisa jadi tidak mungkin bagi kita melupakan seseorang begitu saja, terutama jika memang dia adalah orang yang istimewa di hati. Jika tidak percaya silakan baca saja komentar di judul tersebut, hampir semua mengatakan “tidak bisa melupakan” (ya iya lah, makanya mereka cari cara!), tapi harus diingat bahwa semakin kita ingin melupakan seseorang, maka akan semakin kita mengingatnya. Bagaimana bisa seperti itu? Karena kita ingin melupakannya, kita akan terus memikirkan cara untuk melupakan, semakin memikirkan caranya tentu ingat orangnya. Jika selalu memikirkan orangnya, tentu saja akan semakin mengingatnya. Ya nggak? Iya ajalah biar cepet. :p

Mari sedikit menganalisis tepat atau tidak menyelesaikan masalah dengan melupakan seseorang.

Mengapa ingin melupakan? Adanya masalah atau pernah disakiti (misal : ditolak, pernah diselingkuhin, suka sama dia tapi dia suka sama orang lain, dkk)

Jika orang tersebut tidak melakukannya, apakah tetap ingin melupakannya? Ya enggak lah, siapa juga yang mau cari musuh.

See, permasalahan bukan pada orangnya, tapi kenangan atau luka yang ditinggalkannya.

Tapi kalau ingat dia aku jadi sakit hati!! Dia udah bikin aku galau! Aku harus gimana dong?!

Ya move on dong biar nggak galau terus! Buat kesibukan yang positif, berkarya selagi muda. Hal yang terpenting dari itu semua adalah memaafkan dan ikhlas. Sulit, iya memang. Butuh waktu, tentu saja saya pun demikian. Tidak semua orang bisa begitu cepat memaafkan orang lain terutama jika benar-benar merasa tersakiti. Butuh waktu untuk melapangkan hati membuka pintu maaf. Begitu juga dengan ikhlas, lebih sulit lagi saya rasa. Ikhlas akan apa yang telah terjadi, misalnya, ikhlas bahwa dia memilih orang lain, menyerahkan semua kepada Allah, insya Allah suatu saat jodoh akan datang sendirinya di waktu yang tepat, percaya deh!😉

Tidak perlu berusaha melupakan seseorang, karena dia akan selalu ada di hati, ditempatnya sendiri. Tak mungkin juga setiap saat harus menghindar, karena entah di dunia nyata atau maya pasti akan bertemu.

Pengalaman pribadi, selama 4 tahun saya tidak bisa melupakan orang tersebut, walau sudah 3 tahun tidak bertemu sama sekali di dunia nyata. Ya memang saya tidak melupakannya, karena dia salah satu warna di hidup saya, membuat saya lebih dewasa dari sebelumnya. Dia pun akan selalu melukiskan warna di hidup saya demikian juga saya baginya, dulu, saat ini, sampai nanti, insyaAllah🙂

Disclaimer : saya sedang tidak ingin melupakan seseorang ataupun sedang ada masalah seperti tulisan di atas. Tulisan ini hanyalah penegasan terhadap tulisan saya sebelumnya, bahwa saya TIDAK sepakat jika melupakan seseorang merupakan penyelesaian masalah. Saya tidak sedang ada masalah dengan “seseorang” hehehe… semoga saja tidak pernah… aamiin… 

Melupakan Seseorang

One thought on “Melupakan Seseorang

Leave a Reply

