Tracking Email, Tau Saat Penerima Membuka Email Anda

Image

Apakah email saya sudah dibaca olehnya?

Email, seberapa sering kita menggunakannya? Tentu saja untuk mengirimkan pesan. Tapi pernahkah anda bertanya-tanya seperti kutipan diatas. “Apakah email saya sudah dibaca olehnya?”. Sedangkan tidak ada laporan demikian saat kita mengirimkan email.

Menjelang UAS ini, dosen saya sudah berpesan agar mencari tau bagaimana kami bisa mendapatkan notifikasi saat email kami telah dibaca oleh beliau, tentu agar memastikan bahwa email benar-benar terkirim dan tidak masuk ke folder lain. Saya teringat dengan aplikasi bernama “Rightinbox“, semacam add on yang ada pada chrome yang dapat digunakan untuk gmail, (maaf jika salah). Sekali lagi, ini hanya bisa untuk Gmail kawan.

How to? Menurut saya sih mudah, karena di websitenya sudah ada step-step apa saja yang harus dilakukan untuk menambahkan plugin ini ke browser temans, browser yang bisa digunakan Firefox, Chrome, dan Safari. Untuk pengguna IE mohon maaf anda harus beralih ke browser lain :p .

Pertama yang harus kawan lakukan adalah mendownloadnya, hehehe… :p. Setelah selesai mendownloadnya kalau menggunakan Chrome akan langsung secara otomatis terinstall, kalau menggunakan Firefox pun seperti halnya kalau menambah add-on di Firefox, kalau Safari ya bisa anda coba sendiri lah ya… :p

Image

Setelah selesai, kalau Chrome bisa langsung saja buka Gmail, kalau Firefox silakan restart dulu si browser. Lakukan pembuatan email baru (Compose), saat anda memlakukan compose mail, perhatikan tampilan atas penerima.

ImageAda tambahan menu Send Later, Track, dan Remind Me. Menu Send Later bisa digunakan untuk menjadwal pengiriman email, misalkan jika anda harus mengirimkan email untuk satu/dua jam mendatang, atau bahkan untuk waktu tertentu (misal tanggl 3 Maret 2013 pukul 03:03). Remind Me, digunakan untuk mengingatkan jika email yang kita kirimkan tidak ada tanggapan, sedangkan menu Track inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah email yang kita kirimkan sudah terbaca oleh penerima atau belum. Untuk menggunakan menu ini tinggal klik saja saat tercentang seperti gambar dibawah ini, maka emai yang dikirim telah di-track-ing, yang nantinya saat email tersebut dibuka oleh penerima, kita secara otomatis akan mendapat email notifikasi.

Image

Email notifikasi seperti gambar di bawah ini:Image

Tapi sayangnya, kita hanya punya jatah 10 kali tracking dalam satu bulan jika menggunakan yang FREE. Lumayan lah, jarang-jarang kan harus tracking email. :p

Bagaimana dengan penggunak email yang lain seperti Yahoo! Hotmail, dan kawan-kawannya? Tenang kawan, masih ada aplikasi yang bisa membantu, yah namanya agak-agak sih, “Spy Pig” FREE!! tanpa harus menginstall juga, tapi agak ribet kalau menurut saya (kalau anda berniat untuk tidak hanya sekali melakukan tracking email)

Image

Pertama buka halaman spy pig tersebut, dan juga emai kita. Masukkan alamat email seperti yang ada pada gambar di atas, masukkan subject, dan pilih icon untuk melakukan tracking, (saran : pilih yang kotak putih itu aja), setelah itu silakan klik “Create SpyPig”.

Image

Klik kanan, kemudian copy image. Buka email anda, dan lakukan compose mail dengan subject seperti yang anda masukkan sebelumnya di SpyPig. Paste gambar yang telah anda copy tadi, klik kanan, paste. Atau anda cukup dengan drag and drop gambar tersebut dari SpyPig ke email. Setelah itu silakan anda mengirimkan email tersebut, dan penerima membuka email, anda akan mendapatkan notifikasi bahwa email yang anda kirimkan sudah dibuka oleh penerima.

Terima kasih!!

Tracking Email, Tau Saat Penerima Membuka Email Anda

2 thoughts on “Tracking Email, Tau Saat Penerima Membuka Email Anda

  1. CH says:

    Oh, ini tracking email yang menggunakan tipe HTML mail ya?
    Kalau untuk mail yang bertipe plain text bagaimana ya trackingnya?
    Kalau email yang sudah ditambahi tracker tadi dibuka dengan `Mail User Agent` yang tidak mendukung email dengan format HTML apakah sistem tracking ini juga akan bekerja?
    Terima kasih.


    1. wohooo… maaf CH, saya mah tidak se-expert itu…kalau untuk plain text itu saya belum tau… mungkin kalau CH tau bisa share2 juga… hehe…
      sama-sama..
      Terima kasih juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s