Paradoks Teknologi Informasi

Sering orang mengatakan bahwa dengan teknologi membuat segala sesuatunya akan menjadi lebih menguntungkan, namun pada kenyataannya hal yang terjadi justru sebaliknya. Inilah yang disebut dengan paradoks teknologi infomasi.

Suatu pertanyaan yang membuat orang berpikir,

Benarkah Teknologi Informasi menguntungkan?

Jika dilihat dari sisi ekonomi tidak semua investasi dalam teknologi menguntungkan. Saat sebuah bank memutuskan untuk mengadakan mesin ATM tentunya biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Mulai dari tanah, kemudian mesin itu sendiri, perawatan, tentunya orang yang melakukan perawatan itu sendiri. Tentu saja pengeluaran justru terasa lebih besar dibandingkan dengan membayar orang di bank untuk melayani transaksi, daripada membangunkan beberapa mesin ATM dengan biaya yang cukup tinggi.

Jadi apakah teknologi tersebut justru merugikan? Saya sebagai orang informatika tentu akan membela diri bahwa hal tersebut tidak benar, teknologi informasi itu menguntungkan. Bukan karena saya orang informatika sehingga saya mengatakan teknologi (dalam hal ini adalah mesin ATM) itu menguntungkan, namun karena pada kenyataannya memang menguntungkan bagi pelanggan. Terkadang keuntungan yang didapatkan dari teknologi informasi tidak berupa materi yang dapat dihitung, namun berupa kepuasan atau kemudahan. Sekarang jika suatu bank tidak mempunyai mesin ATM justru bank tersebut akan merugi.🙂

Memang ada juga perusahaan yang  justru mengalami kerugian yang cukup besar saat membiayai investasi untuk teknologi informasi. Hal tersebut dikarenakan apa yang diadopsi atau diinvestasikannya tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak berguna dan hanya membuang-buang uang. Oleh karena itu haruslah kita tau teknologi informasi seperti apa yang dibutuhkan sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik dan akan didapat keuntungannya walau dalam jangka waktu yang lumayan lah. :p

Teknologi tidak akan merugikan jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik, walau terkadang keuntungan yang didapat tidak selalu berupa materi.

Paradoks Teknologi Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s