Dampak Hukum Moore, Metcalfe, dan Coase Terhadap IT Resource

Hukum-hukum yang telah ditemukan dapat menginspirasi segala sesuatu yang ada di kehidupan ini. Hukum-hukum tersebut dapat mempengaruhi perkembangan zaman. Ada beberapa hukum yang mempengaruhi perkembangan tekonologi informasi sampai sekarang ini. Hukum tersebut antara lain adalah, hukum moore, hukum metcalfe, dan hukum coase.

Hukum moore merupakan hukum yang disampaikan oleh Gordon Moore. Hukum moore yang disampaikan pada tahun 1965 menyebutkan bahwa kecepatan prosesor dapat bertambah dua kali lipat dalam waktu 18 bulan. Hal ini terbukti sampai sekarang kecepatan prosesor terus bertambah kurang dari 2 tahun. Semakin cepat suatu prosesor dapat meningkatkan kinerja suatu alat. Kecepatan dalam sebuah teknologi sangat penting, karena jika teknologi yang canggih namun tidak dapat berjalan dengan cepat akan menjadi tidak berguna.

Sedangkan hukum metcalfe menjelaskan bahwa jumlah jaringan yang terhubung sebanding n2 dengan jumlah pemakai jaringan atau pengguna. Sehingga jika dalam jaringan yang terhubung tersebut terdapat 3 orang maka terdapat 8 jaringan yang saling terhubung. Jumlah jaringan akan terus semakin bertambah, jika orang yang terdapat dalam jaringan tersbut mengajak orang lain diluar jaringan untuk bergabung.

Hukum yang ketiga yaitu hukum coase, hukum yang dicetuskan oleh Ronald H. Coase ini menjelaskan bahwa sebuah transaksi akan lebih efisien jika kita menerapkan konsep outsourcing. Penjelasan hukum coase ini dapat dicontohkan dengan seseorang yang ingin mendapatkan segelas susu tidak perlu mempunyai sapi, kandang, ataupun rumput. Susu dapat dengan mudah tersaji di atas meja dengan membeli ke pedagang menjual. Hal ini tentu menghemat biaya serta waktu dalam proses tersebut.

Ketiga hukum tersebut juga berdampak terhadap sumber daya dalam teknologi informasi. Adanya hukum moore membuat orang terus mempercepat segala sesuatunya, teknologi yang berkembang semakin cepat membuat semakin cepat pula usangnya teknologi sebelumnya. Teknologi yang telah usang itu akan terbuang sia-sia dan hanya menjadi sampah. Jika hal ini terus terjadi, maka akan terjadi penumpukan sampah elektronik di dunia. Sampah yang mengandung bahan mercury tersebut dapat merusak kesehatan manusia.

Dampak percepatan teknologi juga dapat merambah tergantinya sumber daya manusia dengan teknologi. Seperti halnya yang ada di negara maju, sudah mulai mengurangi jumlah tenaga kerja dan menggantikan mereka dengan teknologi seperti komputer ataupun robot. Jika jumlah pekerja terus dikurangi maka  jumlah pengangguran pun akan meningkat.

Dampak dari hukum metcalfe dalam teknologi informasi adalah semakin mudah informasi akan tersebar dalam jaringan. Mudahnya orang saling terhubung dalam suatu jaringan dapat mempermudah dan mempercepat informasi tersebut sampai kepada orang yang dituju. Penyebaran informasi ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi beberapa pihak. Suatu perusahaan dapat mudah melakukan transaksi penjualan ataupun pembelian dalam suatu jaringan meski pun mereka berbeda negara.

Namun hal tersebut jika tidak dikelola dengan hati-hati, maka pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pun akan mudah untuk memanfaatkan informasi yang ada pada jaringan. Semakin mudahnya informasi itu disebarkan akan semakin mudah pula informasi itu untuk dimanfaatkan.

Hukum coase yang mengarah kepada outsourcing membuat orang atau suatu organisasi memanfaatkan  sumber daya pihak lain untuk mendapatkan keuntungan. Dengan hukum coase ini akan semakin banyak orang yang melakukan kerja sama guna mendukung usaha mereka untuk mencapai keuntungan maksimal.

Salah satu dampak dari hukum coase ini terhadap teknologi, suatu perusahaan tidak perlu membangun suatu sistem informasi sendiri dari awal yang dapat memakan waktu lebih lama serta biaya yang cukup besar. Perusahan dapat memanfaatkan sistem informasi yang telah dibuat oleh orang lain untuk digunakan dengan sedikit modifikasi tanpa harus membangunnya dari awal.

Dari penjelasan diatas, terlihat bahwa ketiga hukum tersebut mempengaruhi perkembangan zaman terutama pada IT resource. Ketiga hukum tersebut dapat berdampak positif namun juga bisa berdampak negatif.

Juga saya post di Blog INI

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Coase_theorem
http://news.techworld.com/operating-systems/3477/moores-law-is-dead-says-gordon-moore/
http://www.techrepublic.com/article/applying-technology-laws-to-the-emerging-web-services-market/5033831
Dampak Hukum Moore, Metcalfe, dan Coase Terhadap IT Resource

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s