SUMIF dan COUNTIF

Beberapa waktu lalu saya berkutat dengan yang namanya excel, sebenarnya terpaksa (selalu terpaksa kalau pakai excel). Saat mengerjakan Tugas Akhir/ Skripsi kemarin, ada dua fungsi yang sering saya gunakan, SUM dan SUMIF. Kalau SUM sudah tau lah ya.. kalau SUMIF ya sama aja, tapi dengan menggunakan kondisi, langsung saja contohnya🙂

Misalkan ada kasus kita ingin tau berapa banyak praktikan yang diampu oleh si Ani, Ani, Adi, dkk  jika diketahui data seperti ini :

Mari kita gunakan SUMIF untuk menghitung praktikan yang diampu setiap asisten, aturannya SUMIF itu, =SUMIF(range; criteria; [sum_range]). Jadi blok semua area yang masuk hitungan(dari A3 sampai H6) , pilih kriteria yang diinginkan (misalkan Adi), blok area jumlah (dari B3 sampai H6). Jadi seperti ini hasilnya :

Jumlah praktikan Adi ada 13 (jumlah 4+5+4) orang hasil dari SUMIF(A3:H6; A10; B3:H6) oh ya, untuk kriteria sebelumnya sudah disediakan dulu, bisa aja cuma nyari punya Adi dan Ani. Agar tidak menuliskan fungsi yang sama berulang-ulang, dan tinggal ditarik saja kebawah cukup gunakan tanda $ untuk membuat range tidak berubah. Jadi seperti ini =SUMIF($A$3:$H$6; A10; $B$3:$H$6) Kenapa A10 tidak dipisah dengan $? Agar saat dia ditarik kebawah mengikuti barisnya, jadi A11, A12, A13 dst.

Bagimana jika ingin mengetahui berapa kali sih si Adi ini mengajar ditiap minggunya? Pakai COUNTIF, sepemahaman saya COUNTIF itu seperti menghitung berapa banyak huruf yang kita maksud dalam range tertentu. Aturan COUNTIF (range; criteria). Jadi blok semua area yang akan dihitung (A3 sampai H6) kemudian pilih kata yang akan dicari tau berapa jumlahnya (A10, Adi misalkan). Hasilnya seperti ini :

Adi mengajar 3 kali dalam satu mingg, hasil dari perhitungan COUNTIF(A3:H6; A10) A3:H6 adalah range yang akan dihitung, A10 adalah criteria yang akan dicari. Sama seperti sebelumnya untuk memudahkan agar bisa ditarik kebawah gunakan $, COUNTIF($A$3:$H$6; A10).

SUMIF dan COUNTIF

One thought on “SUMIF dan COUNTIF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s