Sekadar Melegakan Hati

Tulisan benar-benar hanya untuk menenangkan hati saya yang agak kacau, saat timbul keraguan akan usaha dan do’a. Benar, usaha tanpa do’a itu sombong, dan do’a tanpa usaha juga omong kosong. Seiring sejalan dua hal tersebut dilakukan dengan disertai evaluasi niat agar senantiasa lurus di jalan-Nya. Susah, pasti, namun tidak berarti tidak mungkin, karena selama Dia menghendaki tidak ada yang tidak mungkin.

Apa yang saya lakukan saat ini entah merupakan usaha atau bukan, namun saya yakin, dengan mengusahakan segera menyelesaikan kuliah merupakan salah satu langkah dari tujuan saya berikutnya, semoga ini termasuk usaha. Namun untuk mencapai tujuan berikutnya tentu tidak hanya sebatas usaha yang sekarang saya lakukan, masih banyak tahapan-tahapan yang harus dijalani dan diusahakan. Mungkin apa yang saya rencanakan sekarang tidak sama dengan apa yang Allah rencanakan, namun tidak juga kita hanya berpangku tangan, berusaha dan kemudian menyerahkan keputusan pada-Nya, berharap sesuai dengan yang direncanakan, jika tidak berharap agar dilapangkan untuk menerima keputusan-Nya.

Meski agak bingung apa yang harus saya lakukan, namun saya harus bisa fokus dengan satu tujuan sekarang untuk mencapai tujuan berikutnya, tidak akan pernah sampai ke tujuan berikutnya jika saya tidak bisa menyelesaikan tujuan yang sekarang!

Ya Allah, Yang Maha Mengetahui, Engkau yang mengetahui mana yang terbaik untukku dan mana yang buruk untukku, bimbinglah hamba ke jalan yang Engkau ridhoi..

Sekadar Melegakan Hati

Leave a Reply

