Tidak Hanya Bisa, Tapi Gemar!

Hari ini tema “Assalamu’alaikum Ustad” adalah ‘Ibunda dan Ananda’. Namun sayang, saya kurang tau nama pengisinya siapa.. tampaknya yang biasa jadi model Rabbani itu lho… ada yang tau?

Kembali ke topik, saya suka kalau tema yang diangkat seperti ini, ya menambah pengetahuan gimana sih mendidik anak yang baik (meski masih lama lah ya punya anak beneran, tapi g ada salahnya memperbanyak ilmu). Kalimat yang paling mengena yaitu

Tidak hanya mendidik anak untuk bisa ibadah tetapi gemar beribadah..

Salah satu contohnya saat mengingatkan untuk sholat, sebaiknya tidak mengingatkan dengan ancaman seperti “Ayo sholat, nanti klo g sholat masuk neraka lho” apa yang akan diingat oleh anak saat mendengarkan adzan bukan Allah-nya, tapi Neraka. Akan lebih baik jika diingatkan “Nak, ayo sholat biar nanti masuk syurga, disana kamu akan mendapatkan semua apa yang kamu tidak punya bahkan diluar dari apa yang kamu bayangkan, semuanya khusus untukmu”, sehingga anak akan lebih termotivasi.

Memberikan pemikiran yang logis juga baik, misalkan saat mengingatkan anak untuk ibadah, “bukan bunda yang nyuruh, tapi yang mempunyai ananda yang memerintahkan, ini lihat ayatnya..” atau mungkin saat mengingatkan anak untuk lebih bersikap sopan dengan orangtua “nak, tidak boleh bilang ‘Ah’ pada orangtua, tapi Allah tidak mempernankan, lihat ayat ini…..”. Mengingatkan anak dengan pemikiran yang logis dengan Al-Qur’an, memperkenal kepada anak siapa pemilik dirinya yang sesungguhnya, mengingatkan bahwa dia ada yang selalu mengawasi, menurut saya itu hal-hal yang sangat bagus untuk pendidikan akhlak anak.

Mengikat anak dengan Al-Qur’an

Begitu kata bu ustadzah, tentunya bukan mengikat secara pengertian harfiah, namun mengikatnya agar tidak melenceng dari ajaran Allah.

Buat calon-calon bunda, termasuk saya, tentunya mulai sekarang kita harus belajar untuk gemar beribadah, tidak hanya bisa saja.. ^^ Memperbaiki diri dan memperbanyak ilmu untuk anak kita nanti… Semangat!

Tidak Hanya Bisa, Tapi Gemar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s