Aku Malu Padanya

Seusai praktikum Matlab, aku n temenku makan di kantin,,  saat itu kita lagi ngobrolin tentang novel Laskar Pelangi. Yah, novel yang dah g asing lagi di telinga kita.

Yang menjadi topik pembicaraan saat itu adalah perjuangan seorang Lintang dalam mendapatkan ilmu. Yah, meski menepuh badai, takkan gentar tuk menuju ke sekolah… hehe.. Seorang Lintang, tak pernah membolos sekolah sekali pun, dia tetap bersemangat ke sekolah meski harus menempuh jarak 80km pulang-pergi dengan naik sepeda, belum lagi dihalangi oleh buaya, jika hujan,mendan yang ditempuh pun akan jauh lebih sulit, belum lagi klo rantai putus,, yah,, namun dia terus saja ke sekolah,, demi mendapatkan ilmu. Begitu sangat bersemangatnya mereka dalam mencari ilmu.

Semangatnya membuatku malu,, yah tentu saja, aku alhamdulillah di bawain kendaraan oleh ortu aja masih wegah kadang-kadang klo ke kampus,, klo hujan, duh.. males banget dah hujan-hujan ke kampus (apa lagi klo mata kuliah yang uh….. ngantuk...). Fasilitas yang ada, cukup memadai, sedangkan LIntang,, buku paket pun dia tak punya,, namun, dia selalu bersemangat tuk mencari ilmu,, terus belajar dari buku2 yang ada.

Kecerdasan Lintang, subhanallah… ketika baru kuliah ini aku belajar metode gauss-jordan mpe eigen , dia dah mempelajarinya sejak SMP.  Sangat jauh pemikirannya.

“Wah,, malah kita yang fasilitas mendukung malah wegah-wegahan belajarnya” ucap seorang teman

“Mereka lebih bisa menghargai ya daripada kita” seorang lagi menyahut

Yah emang bener,, kebanyakan dari kita malah masih pada wegah-wegahan belajar, padahal fasilitas mendukung,, uh… jadi malu deh… hiks….

Pikirku melayang, berapa banyak anak yang seperti dia? sungguh bangsa ini akan menjadi sangat lebih baik lagi jika anak-anak sepertinya menggunakan kemampuan mereka tuk membangun bangsa. Berapa banyakkah anak secerdas LIntang yang ada di pedalaman?? bila banyak,, sangat disayangkan jika “bakat” mereka tertutup karena jauhnya atau sulitnya mereka tuk mendapatkan fasilitas agar kemampuan mereka terasah.

Aku Malu Padanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s