Belajar Cerdas

hal yang paling ku ingat saat keluar kelas kuliah Orkomp adalah penjelasan sang dosen di luar materi kuliah.. hwaaaa parah kan…. Yah,, kulah Orkomp ini paling aku suka saat sang dosen memberikan penjelasan atau nasehat serta tips n trik dan juga pesan mengenai bagaimana kita hidup “di luar sana” kelak . Bagaimana kita bisa sukses hidup di lingkungan kelak setelah kita lulus kuliah. Yang jelas, asik deh klo dengerin sang dosen ketika seperti itu, klo pas njelasin meteri kuliah sih juga menarik,, tapi,,, tak semenarik yang di luar materi dunk… hehehhe

Yah suatu hari sang dosen memberikan tips bagi para mahasiswa yang sibuk (dan juga yang sok sibuk atau sibuk mikir mau sibuk apa ) agar bisa mendapat nilai yang bagus saat ujian. Yah,, tapi ya lebih baik klo belajar dengan sungguh-sungguh. Namun ada kalanya kita tak bisa mengikuti pelajaran dengan baik atau tak bisa belajar dirumah dengan tenang karena ada suatu hal yang tidak mendukung hal tersebut , misalnya saja saat kita sakit parah dan harus diopname, atau saat kita mesti menjaga ortu yang sedang sakit,, klo kasus sang dosen saat itu sih sang istri yang kuliah mesti sibuk menjaga anak yang sedang sakit parah namun besoknya ujian.

Bagaimana kita bisa belajar dengan cerdas, karena pintar belum tentu cerdas, dan pintar bisa dikalahkan dengan cerdas, itu yang selalu sang dosen samapaikan. Yang perlu diperhatikan adalah :

  • Saat dosen lagi nerangin kuliah, jangan kita “kacangi”. Perhatikan dosen bicara, perhatikan dengan seksama, jangan terlewat sedikit pun, klo terlewat kita jadi g tau deh dimana dosen tadi menekankan sesuatu. Yuph, penekanan dosen saat menerangkan harus diperhatikan , coz insya Allah disitulah dosen akan mengeluarkan pada saat ujian. Yah dosen akan mengeluarkan soal yang dosen suka bahas dikelas, atau yang dosen tu emang suka ma materi itu. Jadi rugi deh klo dosen gi nerangin malah kita sibuk dengan aktifitas yang g nggenah di dalam ruang kuliah, apalagi klo ngobrol,, duh,, mesti g ndengerin .
  • Kebiasaan waktu SMA ternyata bagus lho saat kuliah ini. Cari soal tahun lalu ,, yang dulu waktu SMA hobi cari soal2 tahun sebelumnya, jangan dihilangkan saat kuliah ini. Cari soal tahun lalu itu penting juga, selain kita bisa latihan soal sebelum ujian, soal tahun lalu juga memiliki kemungkinan besar untuk keluar lagi di tahun kita. Hmp… kata sang dosen tuh, yah.. ngetes lah seberapa banyak anak yang rajin cari soal2 tahun lalu,, bahkan pernah aku mendapatkan soal yang sama persis plek ma tahun lalu (oh… beruntungnya diriku…. alhamdulillah…) saat UTS.
  • Klo lagi bareng2 ngerjain soal, kita perhatikan aja tuh yang lagi ngerjain soal dengan baik2 n seksama ,, bagaimana dia mengerjakan soal tersebut, nah,, dirumah kita latihan sendiri seperti orang tadi yang lagi ngerjain soal. Klo tetep g ngerti atau g dong gimana dapet jawaban kayak gitu. Yah… hafalin aja langkah2nya seperti orang yang tadi ngerjain. Itu yang dilakukan sang dosen saat masih kuliah dulu, yah,,, saat masih begitulah… hohoho….
  • Klo yang satu ini dari dosen yang berbeda,, kita klo gi kuliah jangan deh hobi duduk paling pojok belakang nyempil gitu. duduk tuh di depan. Dengan kita duduk di depan kita jadi memperhatikan dosen ngomong apa, dan tentunya terdengar dengan jelas kan? emang klo dibelakang terdengar dengan jelas? klo pun iya, pasti godaan tuk tak memperhatikan dosen lebih besar. Dan kesimpulan yang didapat dari dosenku yang ini, anak yang kuliah duduk di depan, nilainya lebih tinggi dari yang duduk di belakang, meski ada yang duduk dibelakang tapi nilainya bagus,, tapi kan masih banyak yang di depan.

Hm,,, begitulah sedikit trik gmn kita bisa belajar cerdas . Karena meski kita pelajari semua materi dengan baik, tapi klo kita tidak cerdas, ya… bisa rugi lho, kan g semua materi yang kita pelajari keluar semua. Makanya harus cerdas,,

Belajar Cerdas

11 thoughts on “Belajar Cerdas

  1. PERTAMAAXX!!!!!!😀
    Alhamdulillah, saya pernah diberi kesempatan untuk mencoba kerasnya kehidupan ‘di luar’…

    Btw emoticonnya piye kuwi cara nambahinya.
    Aku malah ra reti.
    Semangka!
    Tuing

  2. myazura says:

    @YoHang
    lha,, bukannya YoHang dulu pernah bikin kayak gni juga ya?? klo nambahin emotnya tuh emot yang mw dipakai diklik kanan terus pilih copy image location, terus paste di gambar pohon itu lho… terus insert, udah….
    sebenernya ku tau dari t4 lain,, tp berhubung aku lupa alamatnya jadi ya,,, aku menjelaskan sekadarnya saja,, oh ya, klo mau pilih emotN bisa lewat t4Q (hehehe) klik ja blogroll yang judulna smile,, disitu banyak macam2 emot yang baru juga ada lho… hohohohooooo
    btw, afwan ya balasnya lama…

    @window
    hah?? bukan… itu bukan adekQ,,, adekQ tu paling g suka klo di foto…
    klo foto adekQ… yah.. kapan2 dewh tak posting hohohohoooo

    @noe
    makasih noe… hoho..

  3. anin says:

    mo crita.. aku prnh ktmu matkul matfisdas (mtk fis dsr), di mana dosennya selalu ngasih soal pilgan buat ujian.

    -mid-
    ceritanya gini, doesnku itu ngajar juga di fakultas lain. nah, soal mid fakultas kami itu sama persis.. pdhl, hari H-nya duluan fakultas lain itu. nah, temen2ku yg bijak bestari-cerdas cendekia yg dah pd tau, cari ntu soal, pnjm dri tmennya. walhasil, pas hari H dah pd tau kuncinya..
    bodohnya, aku gk tau. so, hari H aku dtg kskul, eh, kmpus, ding, dg innocentnya, dan trarara.. aku liat tmn2 mngroyok soal tsb. bodohnya lagi, aku sok idealis waktu itu, “yg kuinginkan adl pemahaman, bukan nilai..” jd aku cma liat soal sepintas, nggak ngapalin jwbnnya -_-u, dan kembali menghabiskan sisa waktuku brkutat dg catetanku.
    aku macet wktu dpt soal ttg grak melingkar, klo gk salah. akhirnya ngawur. dan salah.

    -uas-
    idealismeku rontok.. “ok, kalo bsa dpt bocoran, nilai perfect, knapa nggak?” devilnya nongol. jd, aku nanya tmen. apesnya, pelaksanaan ujiannya tnyata bareng. ksimpulannya: y udah, blajar aja ky pramid dulu. jd aku blajar sekenanya, dan..
    pas hari H, tnyata tmn2 ngroyok soal taun sebelumnya (atau 2 thn sblumnya? entahlah.) Bkannya mbahas soal, mreka ngapalin jawabannya. nah, lo.. dodol bgt, kan, jd aku cuek aja.
    tapi, y Allah..
    pas ngadepin soal..
    SOALNYA SAMA! JAWABANNYA SAMA! SAMA KAYA’ SOAL LAMA TADI! dan aku bgung mnghadapinya.. tdi di luar pd ngapalin jawabannya.. knapa aku cuek, c? dodol.

    akhirnya, nilai matfisdasku pas-pasan.
    HIKMAH: jangan bbuat bodoh spertiku..😀 hwakakak

    intermezo doang

  4. @pakarfisika
    wow… pakarfisika…. jd tersanjung blog ini dikunjungo pakar fisika… tp bagaimanapun juga aku tak bisa fisika….😦
    anyway terimakasih…. dah bilang kreatif… hohohoohohooho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s