Buanglah Sampah Di (mana aja) ?

Di Jepang, sampah dibagi menjadi tiga, yaitu sampah yang bisa dibakar, sampah dari bahan plastik, dan sampah dari bahan kaleng. Jika di Indonesia hanya di bagi dua. Tapi mereka buang sampah aja susah.” ini salah satu iklan yang aku dengar di sebuah radio.

Emang sih,, kebiasaan yang juga sering aku lihat di lingkungan sekitar. Ketika selesai makan bungkusnya diletakkan gitu aja sekenanya g peduli dimana aja itu,mau di jalan, sungai, kolong meja, kursi, di taman, dll kecuali tempat sampah (lho….), ya itu bagi orang yang malas untuk membuang sampah, benar-benar to much (keterlaluan, hehehe…).

Padahal nih, sampah itu bisa buat masalah, mulai dari bau mpe bikin banjir. Nah, klo dah banjir bikin repot, penyakit mewabah, yang jelas bikin rugi deh!

Tentunya kita akan senang kan melihat sesuatu yang indah, bersih, rapi, dan wangi. Hal itu tak mungkin terjadi jika masih ada sampah berserakan dimana-mana. Buang sampah DI TEMPATnya aja masih ogah-ogahan. Kita seharusnya bersyukur, karena di Indonesia, sampah hanya di bagi dua, itu pun klo yang mau mbagi, g perlu dibagi juga tak apa, yang penting buang sampah pada tempatnya. Sedangkan klo di negara lain, seperti yang ada di atas, Jepang, disana di bagi menjadi tiga, tak hanya itu,, klo mau buang sampah aja tuh, mereka dijadwal lho.. ada hari-hari tertentu dimana mereka harus buang sampah yang ini, dan yang itu. Sangat mudah kan di Indonesia?!

Guru aku waktu SMA dulu (cie.. dulu.. sekarang dah anak kuliahan bo’). Pernah bercerita tentang tamu yang datang ke SMA aku tercinta.. (cie… hohooho). Klo yang namanya tamu rombongan tuh kan mesti dikasi ”jajan kardusan”, itu dikasi ketika mereka berada di Aula, setelah mereka hendak pergi berjalan-jalan melihat-lihat gedung serta lingkungan, mereka membawa ”jajan kardusan” itu meski dah habis dimakan. Bungkusnya tak satu pun ditinggal di Aula. Aula bersih, sama seperti saat mereka datang. Padahal biasanya kan sampah ada di sekitar. Ketika ditanya oleh guru saya itu, mereka memang dibiasakan ketika telah melakuakan sesuatu di suatu tempat, maka tempat itu harus bersih dan rapi seperti saat sebelum mereka tempati. Salut untuk orang-orang seperti mereka.

Dari sana kita bisa mengetahui sesuatu, suatu kebiasaan. Kebiasaan membuat kita tak kan bisa melanggar sesuatu, karena telah terbiasa. Dan kebiasaan yang baik tentunya akan membuat kita hidup lebih baik, dan membuat orang lain jadi terinspirasi. Ya, seperti halnya diriku yang terinsipirasi oleh para tamu rombongan itu. Juga seorang penyiar radio yang berusaha membuang sampah pada tempatnya, klo ga da tempat sampah di situ maka untuk sementara dia memasukkan sampahnya di dalam tas sampai dia menemukan tempat sampah.

Merubah diri sendiri itu lebih mudah dan punya dampak yang bagus kepada lingkungan sekitar.

Seorang teman kemarin bercerita, katanya saat dia hendak membuang sampah sembarangan dia teringat olrh kata-kata saya yang ada di iklan radio itu… padahal dulu kebal banget klo diminta buang sampah pada tempatnya, yang katanya ntar petugas kebersihan makan gaji butalah, atau alasan yang lain… Dan waktu itu botol minuman yang telah kosong akhirnya dia bawa ke dalam kelas karena g sempat untuk membuang ke tempat sampah,, sambil bercanda dia bilang “ni Fa, buat kamu masukkin ke dalam tas.. hehehe…”

Bila semua orang bisa seperti itu, bisa membuang sampah pada tempatnya, Indonesia akan tampak lebih bersih, tak mudah banjir, lebih indah dan memesona, kita akan lebih nyaman dan hidup lebih sehat tentunya, hidup sehat g sakit-sakitan lebih bisa hemat, g ngeluarin uang buat biaya kerusakan banjir, wah.. banyak sekali kan manfaat membuang sampah pada tempatnya. Ada lagi dampak membuang sampah pada tempatnya, populasi hewan yang hidup di air tak akan berkurang,, hewan-hewan yang terganggu habitatnya oleh sampah tentunya takkan mudah punah. Apalagi kita juga bertugas untuk menjaga bumi ini dan melestarikannya?? Tak hanya merusaknya saja. Dengan membuang sampah kita juga bisa mengurangi efek global warming yang lagi heboh.

Ayo BUANGLAH SAMPAH DI TEMPAT SAMPAH jangan buang sampah dimana aja sesukanya… itu namanya to much (terlalu…hehehe… bahasa yang maksa)

Buanglah Sampah Di (mana aja) ?

3 thoughts on “Buanglah Sampah Di (mana aja) ?

  1. ciex says:

    wadoww….ifa…ur blog is totally serious…i dont know what to comment….really….hehehe…tapi keep rockin aja…..
    Buang sampah????ya ditempetnya lah…rite???

  2. myazura says:

    @ciex
    heeheheeeeee yah,, kebetulan yang kamu baca gi serius may(ciex)…
    coba aja baca yang postingan lama,, g serius2 amat kok,, amat aja g serius.. (hah??)
    besok2 dah ku isi yang g serius… hohohoho
    thx 4 ur coment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s