Bulan Sabit dan Islam

Pernahkah timbul sebuah pertanyaan di benak kita, “mengapa lambang bulan sabit dan bintang itu identik dengan Islam?”

Asal muasal lambang bulan sabit dan bintang itu berasal dari lambang khilafah Islamiyah terakhir yaitu Khilafah Turki Utsmani.

Khilafah tersebut merupakan warisan terakhir kejayaan umat islam.

Jadi begini cerita “asal muasal”nya lambang tersebut:

Dahulu Rasulullah pernah bersabda “ Konstatinopel akan kalian bebaskan. Pasukan yang mampu membebaskannya adalah pasukan yang kuat. Dan panglima yang membebaskannya adalah panglima yang sangat kuat.”

Telah berabad-abad lamanya umat Islam menantikan (tentunya juga disertai

usaha lho!!! G cuman nunggu aja) terealsasikan kabar gembira tersebut namun tak kunjung terwujud. Mereka baru membebaskan sebagian dari wilayah Eropa, yaitu wilayah dengan kota2nya antara lain: cordova, seville, granda, dst.

Namun jantung wilayah Eropa belum pernah jatuh ke tangan umat Islam. Setelah penantian yang lama, akhirnya kabar gembira itu pun terwujud, pasukan yang dibawahi oleh panglima Sultan Muhammad, atau yang lebih dikenal dengan Sultan Muhammad Al-Fatih, dapat menjatuhkan kota Konstatinopel itu dan menjadikannya sebagai ibu kota Khilafah Turki Ustmani dan sebagai pusat peradaban Islam.

Wilayah tersebut terdiri dari 3 benua dan semua peradaban yang ada disana. Bila digambarkan secara geografis, letak2 wilayahnya itu berbentuk bulan sabit. Ujung yang satu menunjukkan benua Asia yang ada di Timur. Ujung yang lain yaitu Afrika dan di tengah2nya adalah benua Eropa. Sedangkan lambang bintang itu sendiri melambangkan letak ibu kotanya yang kemudian disebut Istambul (kota Islam). Adapun ada yang menyebutkan bahwa lambang bintang bersudut lima tersebut sebagai lambang Islam dan rukun2nya.

Nah, bendera yang mereka gunakan itu lambangnya bulan sabit dan bintang, bendera ini adalah bendera resmi umat Islam saat itu, ini karena seluruh wilayah dunia Islam berada di bawah satu naungan khilafah Islamiyah.

Ternyata sejarah Islam itu sangat mangagumkan! Namun sayangnya, jarang sekali saya lihat yang menceritakannya secara detail. Pada kebanyakkan menghebohkan “dunia barat” yang sebenarnya mereka tu kalah banget deh perkembangannya ma dunia Islam kita, mereka yang belajar dari Islam, mereka yang mengaku2 segala penemuan yang sebenarnya telah ditemukan terlebih dulu oleh umat Islam!! Subhanallah banget kan, Islam tiada tandingannya!Apalagi dengan kitab yang kita miliki -Al Qur’an.

Jadi wajarlah jika lambang bulan bintang begitu melekat di hati umat Islam dari ujung barat Maroko hingga ujung Timur Maroke. Karena inilah lambang yang pernah dimiliki oleh umat Islam secara bersama-sama, bulan sabit dan bintang.

Jika kita masih bertanya “mengapa di Indonesia juga begitu melekat dengan lambang tersebut?”. Ya jelas aja dunk! Islam itu kan menyebar keseluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Lagi pula Idonesia kan termasuk wilayah Asia! Oh ya, bila dulu kita sering dengar klo pedagang dari arab itu berdagang sambil berdakwah, yang bener itu, berdakwah sambil berdagang, yang mereka utamakan itu berdakwahnya, bukan dagangnya…

Wallahua’lam

Sumber: http://swaramuslim.net/islam/more.php?id=A2497_0_4_0_M

http://www.wisatahati.com/modules.php?name=Forums&file=viewtopic&t=143

Bulan Sabit dan Islam

3 thoughts on “Bulan Sabit dan Islam

  1. myazura says:

    @shojiro
    tu Granada kliatanN,
    tapi di sumberny tertera Granda.
    blm sempet ngecek di t4 lain.
    sekali lagi maaf,,
    ck.. pertanyaanmu tak ada yang bisa ku jawab nie

  2. myazura says:

    @shojiro
    Granada yang bener…
    hm,,, km dah pernah lom baca tentang sejarah April Mop?? wah.. ngeri banget!! menyebalkan banget deh!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s