Web 2.0 di Indonesia

Mungkin beberapa orang telah mengetahui tentang apa itu Web 2.0, namun “orang awam” seperti saya ini masih asing dengan kata Web 2.0. sebenarnya apa sih itu? Kita akan sedikit mengulas tentang Web 2.0, namun disini tidak akan dijelaskan secara mendetail tentang Web 2.0 itu sendiri.

Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Web 2.0 juga merupakan teknologi web yang dapat menginteraksikan user secara dua arah. Aplikasi web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi yang canggih dari sisi user. Jadi tak heran jika suatu aplikasi (software) dapat diakses secara online tanpa kita menginstalnya terlebih dahulu. Selain tak perlu repot-repot menginstal terlebih dahulu, kita juga bisa menggunakan aplikaasi yang ada dalam web secara gratis.

Dengan adanya Web 2.0 ini tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna internet. Karena dengan menggunakan Web 2.0 ini mereka lebih menghemat biaya dalam pembelian software yang berharga mahal.

Namun ternyata Web 2.0 ini kurang marak di Indonesia bila dibandingkan dengan negara barat. Kurangnya “promosi” mengenai Web 2.0 ini bisa jadi menjadi salah satu alasan kenapa dia tidak menjamur seperti di negara-negara lainnya yang masyarakatnya telah mengetahui banyak hal tentang Web 2.0.

Seharusnya dengan adanya Web 2.0 ini bisa menjadi awal dari kebangkitan Teknologi Informasi di Indonesia karena developer Indonesia tidak kalah dengan developer negara lain, sebagai contoh saja situs web FUPEI.

Dan kini yang tengah mulai mengembangkan dirinya untuk menjadi seperti situs YELP nantinya yaitu sendokgarpu.com.

Jika developer sudah oke, kini tinggal bagaimana investor berani menanamkan modalnya, serta para advertiser untuk mendukungnya dengan memasang iklan disitus tersebut.

Hal apa pun mungkin terjadi di dunia ini, termasuk berkembangnya teknologi informasi di negara tercinta kita ini melebihi negara yang lain. Namun tentu saja dengan perjuangan yang keras serta pantang menyerah.

Mari semarakkan Teknologi Informasi di Indonesia kita tercinta!!!

 

 

 

Web 2.0 di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s